Informasi Akurat Dalam Mengenali Kanker Payudara Sejak Dini Di Sehatq.Com

Informasi Akurat Dalam Mengenali Kanker Payudara Sejak Dini Di Sehatq.Com

mungkin melihat banyak sekali informasi tentang kanker payudara. Dan itu hal yang bagus. Kesadaran seputar kanker payudara sangat penting karena deteksi dini, seringkali melalui skrining, dapat mendeteksi penyakit pada saat paling bisa diobati. Untuk mendapatkan Informasi secara akurat dan terpercaya oleh dokter ahli dan berpengalaman, Anda bisa mengunjungi SehatQ,com. Dan Anda bisa mengetahui secara akurat di salah satu menu SehatQ.com yaitu tentang Penyakit. SehatQ.com adalah situs dan aplikasi yang sangat membantu bagi mereka yang awam, sibuk, dan jauh dari rumah sakit untuk mendapatkan informasi, layanan dan obat dengan mudah, nyaman dan aman. Kanker payudara adalah kanker paling umum pada wanita. Pasien mengalami hasil yang lebih baik sebagai hasil dari diagnosis dini, pilihan pengobatan mutakhir, dan operasi yang tidak terlalu ekstensif.

Tanda dan gejala Kanker payudara

Setiap wanita harus mengetahui bagaimana payudaranya biasanya terlihat dan terasa, sehingga dia dapat mengenali setiap perubahan yang mungkin terjadi. Meskipun mengetahui apa yang harus dicari itu penting, seorang wanita tetap harus melakukan mamogram secara teratur dan pemeriksaan payudara klinis, karena tes ini dapat membantu mendeteksi kanker payudara bahkan sebelum dia mengalami gejala,” kata Tuite.


Tanda-tanda kanker payudara mungkin termasuk:

  • Benjolan di payudara atau ketiak (ketiak)
  • Pembengkakan atau penebalan seluruh atau sebagian payudara
  • Lesung pipit atau iritasi kulit pada kulit payudara
  • Nyeri payudara yang terlokalisasi dan menetap
  • Kemerahan, bersisik atau penebalan pada puting atau kulit payudara
  • Keluarnya cairan dari puting (selain ASI)
  • Setiap perubahan ukuran atau bentuk payudara

Faktor risiko

Faktor risiko utama kanker payudara termasuk menjadi wanita dan semakin tua (kebanyakan kanker payudara ditemukan pada wanita berusia 55 tahun ke atas). Faktor tidak terkontrol yang dapat meningkatkan risiko termasuk riwayat pribadi / keluarga, ras, kepadatan payudara, dan riwayat periode menstruasi. Selain itu, perubahan gen kanker payudara tertentu meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Faktor risiko tertentu terkait gaya hidup, termasuk penggunaan pil KB, terapi hormon setelah menopause, memiliki anak, minum alkohol, kelebihan berat badan atau obesitas, dan tidak aktif secara fisik. Memiliki satu atau beberapa faktor risiko tidak berarti seorang wanita akan terkena kanker payudara. “Wanita perlu memahami semua faktor risiko. Bagi mereka yang dapat mereka kendalikan, mereka perlu membuat keputusan gaya hidup cerdas yang dapat menurunkan risiko.

Untuk menurunkan risiko kanker payudara:

Dapatkan dan pertahankan berat badan yang sehat. Seimbangkan asupan makanan Anda dengan aktivitas fisik untuk menghindari penambahan berat badan berlebih.
Aktif secara fisik. Setiap minggu, lakukan setidaknya 150 menit dengan intensitas sedang atau 75 menit aktivitas dengan intensitas yang kuat (atau kombinasi dari semuanya).
Batasi atau hindari alkohol.

Semua wanita harus menjalani penilaian risiko pada usia 30 untuk melihat apakah skrining lebih awal dari usia 40 diperlukan.
Wanita dengan risiko kanker payudara rata-rata harus mulai skrining pada usia 40 tahun.

Tes Skrining Kanker Payudara

Wanita yang sebelumnya didiagnosis menderita kanker payudara juga dapat memperoleh manfaat dari skrining tambahan dengan magnetic resonance imaging (MRI), terutama jika kanker mereka didiagnosis pada atau sebelum usia 50 tahun.

“Tiga tes biasanya digunakan untuk mendeteksi kanker payudara. Masing-masing memiliki manfaat dan risikonya sendiri-sendiri. Wanita harus berbicara dengan dokter mereka tentang pilihan terbaik untuk mereka

  • Mamogram adalah pemeriksaan sinar-X payudara yang digunakan untuk mendeteksi dan mengevaluasi perubahan payudara. Kemampuan deteksinya tergantung pada ukuran tumor dan kepadatan jaringan payudara. Mamografi tiga dimensi (3D) adalah jenis mamografi digital di mana mesin sinar-X digunakan untuk mengambil gambar irisan tipis payudara dari berbagai sudut dan perangkat lunak komputer digunakan untuk merekonstruksi gambar.
  • USG payudara sering digunakan bersamaan dengan mamografi untuk wanita berisiko tinggi yang tidak dapat menjalani MRI, dan wanita dengan jaringan payudara padat.
  • MRI payudara (magnetic resonance imaging) dapat digunakan untuk menyaring wanita berisiko tinggi dan mengumpulkan lebih banyak informasi tentang area mencurigakan yang ditemukan pada mammogram atau ultrasound.